Layanan prima (excellent service) merupakan ekspektasi pelanggan sekaligus tuntutan yang wajib dipenuhi setiap organisasi, baik bisnis maupun non-bisnis, agar mampu bersaing secara efektif dalam pasar yang kian kompetitif dewasa ini. Saat ini terjadi pergeseran paradigma, dari yang semula Goods-Dominant Logic menjadi Service-Dominant Logic. Intinya, penyediaan layanan merupakan tujuan fundament…
Perkembangan di dunia bisnis hari ini semakin mengarah pada cita-cita bisnis yang bukan hanya sekedar mencari keuntungan, tetapi membuat bisnis yang berkelanjutan dengan karyawan yang sejahtera dan bahagia... Belajar dari pengalaman empiris selama puluhan tahun, kedua penulis merumuskan sebuah model pengelolaan SDM yang disebut Dynamic HR. Dengan mempraktikkan model ini, sebuah perusahaan dapat…
Pembelajaran manajemen investasi dimulai dari pengenalan terhadap pasar modal sebagai tahap awal mengenai tempat kita melakukan transaksi jual dan beli sekuritas. Selanjutnya, diperkenalkan mengenai pergerakan harga saham dan obligasi (volatilitas) yang terjadi di pasar modal. Naik turunnya harga saham ini menunjukkan nilai perekonomian dan membentuk suatu peta tertentu yang membentuk nilai ind…
Memasuki era Industri 5.0, suka atau tidak suka, akan mendorong manajemen organisasi untuk mendesain ulang praktik manajemen strategis pada organisasi, agar dapat mengeskalasi tingkat efisiensi dan efektivitas pekerjaan, agar lebih optimal menuju pencapaian tujuan organisasi. Tiga strategi untuk meningkatkan kinerja organisasi, yaitu meliputi peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), memp…
Buku Pengantar Manajemen ini terdiri dari 14 bab yang disusun secara sistematis dari mulai konsep-konsep manajemen yang bersifat makro, diikuti konsep-konsep yang lebih spesifik seputarfungsi-fungsi manajemen, hingga tema-tema manajemen yang lebih praktikal. Yang menarik dari buku ini adalah penulis berhasil mengelaborasi delapan fungsi manajemen dengan baik. Kita tahu bahwa fungsi-fungsi ma…
Pada zaman modern sekarang ini, banyak manusia yang membutuhkan suatu alat bantu praktis, untuk mempermudah manusia melakukan berbagai kegiatannya. Teknologi memiliki peranan yang sangat penting untuk menunjang kemudahan itu. Sudah banyak teknologi yang diciptakan oleh manusia untuk mewujudkan keinginan manusia itu sendiri. Upaya yang dilakukan ini, agar kita tidak perlu repot lagi untuk melaku…
Manajemen keuangan adalah segala aktivitas yang berhubungan dengan keputusan pengelolaan keuangan dan aset keuangan. Tujuan utama dari manajemen keuangan adalah memperoleh keuntungan yang maksimal melalui sumber daya keuangan yang tersedia. Selain itu, manajemen keuangan juga merupakan disiplin ilmu yang dinamis dan berperan penting bagi individu maupun organisasi. Bagi organisasi, kemampuan me…
Pada Februari dan Maret 2018, sejumlah praktisi dan akademisi senior yang menggeluti bidang Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) beberapa kali berkumpul di berbagai tempat di Jakarta. Topik utama perbincangan waktu itu adalah tantangan untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di tempat kerja masing-masing dan di dunia usaha dan industri. Topik itu terkait dengan berbagai perubahan b…
Buku ini membahas etika bisnis di era teknologi digital menggunakan pendekatan stakeholders. Selain membahas teori etika dan corporate governance secara umum, buku ini juga membahas corporate governance dan corporate social responsibility di era teknologi digital. Selain itu, buku ini juga membahas sharing economy, cyber ethics, dan cybercrime. Salah satu kelebihan buku ini adalah adanya apl…