Habituasi nilai karakter di kalangan peserta didik : suatu tinjauan sosiologi pendidikan
Buku Habituasi Nilai Karakter di Kalangan Peserta Didik (Suatu Tinjauan Sosiologi Pendidikan) Pendidikan karakter merupakan bagian integral dari proses pendidikan. Artinya, tidak ada dikotomi antara pendidikan akademik dan pendidikan karakter. Dalam memberikan layanan pendidikan akademik, pendidikan karakter sudah termasuk di dalamnya. Pendidikan karakter akan lebih mudah dipahami dengan pembiasaan dan keteladanan dibandingkan dengan teori atau penjelasan-penjelasan yang sifatnya teoretis. Titik kekeliruan pelaksanaan pendidikan karakter sampai hari ini masih menjadi kebingungan bersama. Kebingungan yang harus ditelusuri dan dilihat kembali akar permasalahannya. Perlu disepakati bersama bahwa fungsi keluarga dalam proses interaksinya sebagai modal sosial sangat menentukan proses interaksi selanjutnya. Keluarga merupakan lingkungan pertama yang memberikan warna dan pola interaksi kepada seorang anak. Sebelum anak berinteraksi dengan masyarakat sekitar, lingkungan pergaulan dan sekolah, pola pembentukan karakter awal seorang anak sedikit banyak ditentukan oleh keluarga sebagai ranah asalnya (Anwar, 2013). Dari banyaknya tujuan pendidikan manusia Indonesia, sebagian besar diantaranya berhubungan dengan moralitas. Tidak heran jika permasalahan moralitas tetap menjadi fokus perhatian pengembangan untuk memperbaiki kondisi bangsa Indonesia hingga hari ini. Salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut ialah dengan habituasi nilai karakter. Habituasi nilai karakter peserta didik dipengaruhi oleh habitus asal mereka, baik dari keluarga, masyarakat, dan bahkan sekolah sendiri. Untuk menerapkan cara ini, perlu diperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi penyimpangan nilai karakter pada peserta didik. Melalui buku ini, penulis berusaha memaparkan tentang faktor-faktor tersebut, baik dari perspektif kualitatif maupun kuantitatif. Penulis juga melibatkan langsung beberapa sekolah agar informasi yang dihasilkan nantinya lebih konkret dan dapat diimplementasikan sebagai referensi praktis para stakeholder pendidikan. Buku ini terdiri dari beberapa pembahasan, diantaranya:
Pentingnya Memahami Penyimpangan Nilai di Sekolah
Hakikat Habituasi, Pendidikan Karakter dan Penyimpangan NIlai di Kalangan Peserta Didik
Prosedur Menginformasi Faktor Penyimpangan Nilai
Pendidikan Karakter di Kabupaten Gowa
Penyebab Terjadinya Penyimpangan Nilai Karakter Peserta Didik
Tidak tersedia versi lain