Text
Isu dan Paradigma Pendidikan Seni
Pendidikan Seni Buku berjudul Isu dan Paradigma Pendidikan Seni ini ditulis untuk satu tujuan, yaitu membahas, mendiskusikan wilayah, dan konsep-konsep pendidikan seni baik seni rupa ataupun seni pertunjukan, sosial budaya, dan kreativitas secara umum serta hubungan satu dengan yang lainnya dalam konteks pembangunan pendidikan yang berlangsung. Buku ini juga membahas fenomena yang mendukung dengan segala aspek keberlangsungan pendidikan seni dengan segala isu dan paradigmanya. Paradigma pendidikan seni saat ini dan di masa datang diharapkan mampu menggunakan pendekatan di mana peserta dan pengajar dalam proses pembelajarannya dapat menumbuhkembangkan perspektif, sikap toleran pada keberagaman kehidupan sosial budaya masyarakat di Indonesia. Isu dan Paradigma Pendidikan Seni diharapkan menjadi mata kuliah wajib diberikan di perguruan tinggi supaya mahasiswa memiliki sikap peka rasa, estetika, kreatif dan inovatif serta berdedikasi tinggi memiliki karakter yang adaptif terhadap perubahan dan memiliki etika dalam berkarya seni. Isu dan Paradigma Pendidikan Seni bukan hanya pendidikan yang ada hanya karena kebutuhan transfer knowledge pada substansi materi seni saja tetapi sudah menjadi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Pada era globalisasi, kecerdasan buatan AI yang berlangsung saat ini dan terus berkembang menuju masa depan, pendidikan seni diarahkan pada pendekatan multikultural sehingga bisa diterima oleh berbagai kalangan masyarakat. Isu dan paradigma pendidikan seni dengan pendekatan multikultural harus memiliki keluwesan, bergantung pada kemampuan peserta didik dan pengajar serta kondisi sosial budaya masyarakat setempat. Peran pendidik seni diharapkan tidak hanya memiliki pengetahuan seni lokal saja, tetapi juga memiliki pengetahuan tentang seni daerah lain, dan global sehingga mahasiswa atau peserta didik memiliki pengetahuan lengkap tentang seni dan budaya dan toleransi dengan keberagaman yang berlangsung. Semoga buku ini bermanfaat bagi segenap pembaca sebagai referensi yang dapat memperkaya khazanah ilmu pengetahuan.
Tidak tersedia versi lain