Pendidikan pancasila pasca reformasi : penguatan pendidikan karakter dan ideologi pancasila
Buku Pendidikan Pancasila Pasca Reformasi Penguatan Pendidikan Karakter dan Ideologi Pancasila Pada hakikatnya pendidikan Pancasila adalah upaya sadar diri suatu masyarakat dan pemerintah suatu negara untuk menjamin kelangsungan hidup dan kehidupan generasi penerusnya, selaku warga masyarakat, bangsa dan negara secara berguna (berkaitan dengan kemampuan spiritual) dan bermakna (berkaitan dengan kemampuan kognitif dan psikomotorik) serta mampu mengantisipasi hari depan mereka yang senantiasa berubah dan selalu terkait dengan konteks dinamika budaya, bangsa, negara, dan hubungan internasionalnya. Berdasarkan UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 2 menyatakan bahwa “Pendidikan nasional berdasarkan Pancasila dan UUD 1945” Karakter adalah ‘distinctive trait, distinctive quality, moral strength, the pattern of behavior found in an individual or group’. Kamus Besar Bahasa Indonesia belum memasukkan kata karakter, yang ada adalah kata ‘watak’ yang diartikan sebagai: sifat batin manusia yang mempengaruhi segenap pikiran dan tingkah laku; budi pekerti; tabiat. Dalam risalah ini, dipakai pengertian yang pertama, dalam arti bahwa karakter itu berkaitan dengan kekuatan moral, berkonotasi ‘positif’, bukan netral. Jadi, ‘orang berkarakter’ adalah orang punya kualitas moral (tertentu) yang positif. Dengan demikian, pendidikan membangun karakter, secara implisit mengandung arti membangun sifat atau pola perilaku yang didasari atau berkaitan dengan dimensi moral yang positif atau yang baik, bukan yang negatif atau yang buruk. Buku ajar Pancasila ini bisa membantu dan mendorong peserta didik untuk membentuk karakter kebangsaan berbasis ideologi Pancasila, dan bisa mewujudkan generasi milenial Indonesia menjadi generasi yang cerdas berwawasan dan berkepribadian Pancasilais. Buku ajar ini dimaksudkan untuk membantu upaya proses pembelajaran Pancasila di kampus yang sifatnya substantif dan punya irisan konteks kekinian yang sedang terjadi di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara. Buku ini terdiri dari beberapa pembahasan, diantaranya:
Urgensi Pendidikan Karakter Pancasila
Dinamika Kesejarahan Pancasila
Pancasila Sebagai Integrasi Sistem Filsafat
NIlai-Nilai Dasar Pancasila
Pancasila Sebagai Sistem Etika Politik
Pancasila Sebagai Ideologi Nasional
Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan
Konsep Negara Pancasila dalam Bernegara
Urgensi Pancasila dalam Bernegara
Implementasi Nilai-Nilai Pancasila
Dinamika Pagam Jakarta dan Relevansi Pancasila dengan Islam
Tidak tersedia versi lain