Perpustakaan Universitas Nusantara PGRI Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Administrator
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of 77 PERMASALAHAN ANAK DAN CARA MENGATASINYA
Penanda Bagikan

Text

77 PERMASALAHAN ANAK DAN CARA MENGATASINYA

Ana Widyastuti - Nama Orang;

Bagaimanapun juga orang tua, pendidik, dan guru merupakan orang-orang yang turut andil menstimulasi semua aspek perkembangan anak. Asah, asih, dan asuh sebagai fondasi untuk kepentingan anak. Bentuk kepedulian itu salah satunya adalah intervensi dalam mendidik anak. Intervensi langsung dari orang tua, guru, dan pendidik, pengasuh, dan orang-orang di sekitar lingkungan di mana anak itu tumbuh dan dibesarkan sangat dibutuhkan anak. Kemampuan mengatasi masalah-masalah yang biasanya muncul, yang akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak. Jika masalah-masalah anak teratasi, maka anak dapat berkembang baik fisik maupun psikis secara optimal.

Perilaku bermasalah pada aspek kognitif lebih tepat diselesaikan dengan menggunakan konseling behavior. Oleh karena itu tahapan konseling terhadap anak-anak berpikiran irasional tersebut adalah sebagai berikut:
Pertama, jelaskan pada anak-anak bahwa pikirannya tidak logis. Caranya dengan membuktikan semua yang dipikirkan anak tersebut secara empiris. Misalnya, anak dijelaskan proses terjadinya hujan, mulai dari uap air, pembentukan awan, suara halilintar, hingga hujan turun. Tentu, penjelasan ini harus menggunakan alat peraga edukatif yang memadai, sehingga anak sadar bahwa pikiran yang menganggap bahwa suara halilintar adalah kemarahan Tuhan atau nenek sihir adalah salah.
Kedua, mengubah atau mengganti pikiran irasional anak. Setelah anak sadar bahwa pikirannya salah, maka tibalah saatnya untuk menanamkan keyakinan bahwa pikiran yang benar adalah pikiran yang dijelaskan pada tahap satu.
Ketiga, buatlah anak-anak untuk sedikit bisa mendebat (disputing) terhadap keyakinannya yang baru tersebut. Caranya bantulah ia untuk mempertanyakan berbagai hal secara rasional, termasuk hal-hal sebagaimana dijelaskan di atas.


Ketersediaan
#
Belum memasukkan lokasi 155.4 ANA t
230457
Tersedia
#
Belum memasukkan lokasi 155.4 ANA t
230458
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
155.4 ANA t
Penerbit
Jakarta : PT Elex Media Komputindo., 2020
Deskripsi Fisik
xxi, 594 hlm.; 15x23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786230011436
Klasifikasi
155.4
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Psikologi
Psikologi Anak
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Ana Widyastuti
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Selamat datang di perpustakaan kami, sebuah tempat yang memancarkan daya tarik intelektual dan keajaiban pengetahuan. Kami adalah jantung budaya literasi yang menawarkan lebih dari sekadar barisan buku. Di sini, kami mengundang Anda untuk merasakan kekayaan pengetahuan yang melimpah dari ribuan halaman yang pada koleksi cetak maupun digital. 

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?