“In God we trust. All others must bring data.” Pernyataan William Edwards Deming ini amat relevan bagi pengambilan keputusan strategik dan taktikal pemasaran dalam lingkungan bisnis yang dinamis. Riset pemasaran memfasilitasi perancangan, pengumpulan, penganalisisan, dan pelaporan secara sistematis atas data dan temuan yang relevan dengan situasi pemasaran spesifik. Buku ini mengulas prinsi…
Layanan prima (excellent service) merupakan ekspektasi pelanggan sekaligus tuntutan yang wajib dipenuhi setiap organisasi, baik bisnis maupun non-bisnis, agar mampu bersaing secara efektif dalam pasar yang kian kompetitif dewasa ini. Saat ini terjadi pergeseran paradigma, dari yang semula Goods-Dominant Logic menjadi Service-Dominant Logic. Intinya, penyediaan layanan merupakan tujuan fundament…
Manajemen keuangan adalah segala aktivitas yang berhubungan dengan keputusan pengelolaan keuangan dan aset keuangan. Tujuan utama dari manajemen keuangan adalah memperoleh keuntungan yang maksimal melalui sumber daya keuangan yang tersedia. Selain itu, manajemen keuangan juga merupakan disiplin ilmu yang dinamis dan berperan penting bagi individu maupun organisasi. Bagi organisasi, kemampuan me…
Pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang dikenakan pada individu dan badan usaha sesuai dengan hukum, tanpa imbalan langsung, untuk mendukung kesejahteraan rakyat. Pembayaran pajak bukan hanya kewajiban, melainkan hak bagi setiap warga negara untuk berpartisipasi dalam pembiayaan negara dan pembangunan nasional sesuai dengan sistem self-assessment Indonesia. Pemerintah terus memperba…